Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI
1
Chatbot
Selamat datang, silahkan tanyakan sesuatu
Logo

BPMSPH Tegaskan Kesiapan Aksesibilitas dan Layanan Prioritas bagi Kelompok Rentan

21/11/2025 09:53:00 Hasrul 91

Bogor, -Dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang inklusif, BPMSPH menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kesiapan Aksesibilitas dan Layanan Prioritas bagi Kelompok Rentan. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh kelompok masyarakat, termasuk penyandang disabilitas, lanjut usia, ibu hamil, anak, dan kelompok rentan lainnya, dapat memperoleh pelayanan yang prima.(21/11/2025)

Kepala BPMSPH, Dinar Hadi Wahyu Hartawan menyampaikan bahwa aksesibilitas bukan sekadar fasilitas tambahan, namun merupakan hak setiap warga negara untuk mendapatkan pelayanan yang setara tanpa hambatan.

“Kami berkomitmen meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana serta kapasitas petugas dalam memberikan layanan prioritas. Tidak boleh ada masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan hanya karena keterbatasan akses,” tegasnya.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, BPMSPH menekankan 2 fokus utama, yakni

1. Pelayanan prioritas dan asistensi, bagi kelompok yang membutuhkan penanganan cepat dan dukungan khusus.

2. Peningkatan kapasitas SDM, untuk memperkuat pemahaman, empati, dan keterampilan petugas dalam melayani kelompok rentan.

Sosialisasi ini diselenggarakan di Bogor, diikuti seluruh pegawai BPMSPH dan juga melibatkan perwakilan kelompok rentan yakni Yayasan Diffable Action Indonesia sebagai bentuk komitmen penerapan prinsip “Nothing About Us Without Us” yang memastikan kebijakan dan layanan publik disusun dengan melibatkan penerima manfaat secara langsung.

Dengan adanya kegiatan ini, BPMSPH berharap tersusun langkah operasional yang jelas dan dapat diimplementasikan dalam peningkatan kualitas layanan publik yang universal dan inklusif. 

“Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang dapat diakses oleh semua orang,” tutup Dinar.

Facebook Instagram Youtube X TikTok