Select Page

Tahukah sobat, Hari Dokter Hewan Sedunia atau World Veterinary Day (WVD) diperingati pada hari Sabtu terakhir bulan April dan pada tahun ini jatuh pada 27 April 2024? Perayaan WVD pada tahun ini mengusung tema “Dokter Hewan adalah Tenaga Kesehatan yang Esensial”


Sobat, kompetensi dokter hewan merupakan bagian penting dan integral dari kesehatan secara luas lho. Penerapan ilmu kedokteran hewan tidak hanya memberikan kontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan hewan, tetapi juga kesejahteraan fisik, mental, dan sosial manusia.


BPMSPH turut berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat veteriner dengan melaksanakan pemeriksaan, pengujian, dan sertifikasi keamanan, dan mutu produk hewan yang akan dikonsumsi.


Sobat, produk hewan memiliki nilai dan kualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun, pangan asal hewan merupakan bahan pangan yang mudah rusak (perishable food) dan memiliki potensi bahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan (hazardous food) karena mudah tercemar secara fisik, kimiawi, dan biologis sehingga dapat membahayakan keselamatan hidup manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan, serta mengganggu ketenteraman batin masyarakat termasuk tentang kehalalan. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengurangi risiko yang dapat membahayakan keselamatan hidup manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan, serta mengganggu ketenteraman batin masyarakat termasuk kehalalan, perlu dilakukan pengawasan dan pengujian produk sebelum beredar/dikonsumsi.


Selamat merayakan WVD tahun ini yaa untuk segenap kolega dokter hewan, apa saja nih kegiatan kamu tahun ini? Yuk mari komen…. 👇🏻👇🏻👇🏻

Hits: 24

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content