Select Page

Bogor– Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu aspek yang wajib diterapkan dalam operasional sebuah organisasi/Perusahaan. Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) kembali melaksanakan Medical Check Up (MCU) bagi pejabat dan pegawai pada 1 September 2023. MCU adalah sebuah rangkaian pemeriksaan kondisi kesehatan pegawai secara menyeluruh. Pemeriksaan MCU dilakukan di Gedung Bimtek, dan bekerjasama dengan Laboratorium Prodia Bogor. (1/9/2023)

MCU dilakukan bertujuan agar gangguan kesehatan atau penyakit dapat dideteksi sejak dini sehingga perencanaan metode penanganan dan pengobatan dapat dilakukan secara tepat sebelum penyakit berkembang. Sebelum melakukan pemeriksaan medis, peserta MCU dihimbau untuk tidak makan selama 10 jam agar hasil dari pemeriksaan yang dilakukan lebih akurat. Rangkaian MCU meliputi pemeriksaan fisik, Electrodiagram (EKG), Ultrasonography (USG), tes vital sign, darah, urine, gigi, pernapasan, pendengaran, dan penglihatan.

Manajer Teknis SNI ISO 45001:2018 BPMSPH, Drh Kanti Puji Rahayu mengatakan,”Kegiatan MCU ini merupakan bentuk komitmen BPMSPH untuk menjamin kesehatan seluruh pegawainya. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang baik akan memberikan perlindungan bagi seluruh pegawai dengan cara mencegah terjadinya penyakit akibat kerja.”

“Dalam menjalankan kegiatan operasional, BPMSPH senantiasa memperhatikan aspek-aspek K3 sebagai prinsip utama yang wajib diterapkan seluruh pegawai BPMSPH,”jelasnya.

“Kami juga terus melakukan peningkatan awareness mengenai K3 kepada seluruh pegawai dan mitra kerja sehingga dapat mewujudkan operasional yang aman dan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja di lingkungan Instansi,” imbuhnya.

Sebagai informasi, berbagai upaya telah dilakukan BPMSPH dalam menerapkan K3 untuk dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Diantaranya adalah dengan peningkatan kapasitas pegawai tentang K3 di seluruh pegawai, mendorong partisipasi aktif pegawai dalam program pencegahan kecelakaan, melakukan pemeriksaan Kesehatan (MCU) secara berkala, serta memastikan kegiatan operasional dilaksanakan dengan memenuhi standar SMK3. (MS)

Hits: 34

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content