Select Page

Bogor, Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) mewakili salah satu Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pertanian, menerima kunjungan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) guna melakukan penilaian kepatuhan Standar Pelayanan Publik. Maksud dari Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh ORI untuk mengetahui kepatuhan unit penyelenggara pelayanan publik terhadap pemenuhan standar pelayanan publik yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (11/11/2022).

Penilaian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data wawancara kepada pejabat/petugas penyelenggara layanan, wawancara masyarakat, observasi ketampakan fisik dan bukti dokumen pendukung standar pelayanan. Wawancara dilakukan kepada Kepala Unit Kerja secara online, Kasubbag Tata Usaha, Penanggung Jawab Pengaduan Masyarakat dan Petugas Front Liner.

Menurut ORI, konsep Penilaian Penyelenggara Pelayanan Publik mencakup empat dimensi, yakni: dimensi input terdiri dari variabel penilaian kompetensi pelaksana dan variabel pemenuhan sarana prasarana pelayanan, meliputi pertanyaan terkait kelembagaan ORI dan Standar Pelayanan Publik.

Dimensi proses terdiri dari variabel standar pelayanan publik, meliputi proses pengelolaan pelayanan dan proses penyampaian pelayanan.

Dimensi output terdiri dari variabel penilaian persepsi maladministrasi yang terjadi pada unit kerja, dimana ORI meminta 10 data resonden terhadap pengguna layanan BPMSPH.

Dimensi pengaduan terdiri dari variabel pengelolaan pengaduan, penilaian dilakukan dengan metode wawancara kepada penanggungjawab pengaduan dan pengecekan dokumen pengaduan seperti SK tim pengelola pengaduan, alur pengaduan, penanganan pengaduan, sarana prasarana pengaduan, sistem komunikasi pengaduan, dll

Kepala BPMPH, Drh Nasirudin, M.Sc mengatakan “Saat ini masyarakat ingin mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah, sehingga kita harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”

“Dengan dilaksananya penilaian oleh ORI ini, dapat menjadi motivasi BPMSPH untuk senantiasa meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan public dan tidak lupa kita senantiasa melakukan self correction untuk memberikan layanan yang cepat, mudah dan murah kepada masyarakat” tegasnya.

Hits: 5

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content