Select Page

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Kandungan protein dalam sebutir telur yang utuh mencapai 6 gram dan 78 kalori. Konsumsi telur untuk diet dalam sehari dianjurkan hanya 2-3 butir telur saja. Tujuan dari diet menggunakan telur adalah menurunkan berat badan tanpa mengurangi atau bahkan tanpa kehilangan masa otot. Selain itu, telur juga dapat memberikan energi sehingga tubuh menjadi fit dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Saran olahan telur untuk diet adalah dengan direbus.

Apa saja sih manfaat dari kandungan telur? Yuk cek info berikut:

1. Membentuk jaringan tubuh dan membantu fungsinya

Protein berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan pada hampir semua fungsi sel tubuh lho Sobat, seperti otot, otak, peredaran darah, tulang, dan masih banyak lagi.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin pada telur terkumpul pada retina, memberikan lapisan perlindungan dari paparan sinar matahari, dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit katarak lho Sobat!

3. Menjaga kesehatan otak

Kandungan kolin pada telur yaitu zat mirip vitamin B yang penting dalam perkembangan otak selama kehamilan. Kolin penting untuk mengurangi gangguan kognitif dengan meningkatkan fungsi saraf, kecerdasan, dan ingatan.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Telur memang mengandung kolesterol. Namun, telur justru membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah. Hal ini dengan mengubah kolesterol jahat menjadi bentuk kolesterol lain yang lebih sehat. Asal konsumsinya tidak berlebihan yaaa, Sobat!

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Telur ayam dapat meningkatkan jumlah high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik. Orang-orang dengan HDL tinggi berisiko lebih rendah terkena stroke dan penyakit jantung.

6. Membantu menjaga berat badan

Telur kaya akan protein, sumber kalori yang lebih baik daripada karbohidrat sederhana seperti nasi atau makanan manis. Mengonsumsi telur dapat menghasilkan rasa kenyang lebih lama.

7. Menguatkan sistem imun

Telur mengandung beragam zat gizi yang penting untuk menjaga kesehatan sistem imun, di antaranya yakni asam amino, vitamin A, dan selenium.

Asam amino bisa menjaga fungsi sel-sel kekebalan tubuh dan menghasilkan antibodi. Selenium berperan dalam mengurangi peradangan di tubuh. Vitamin A memperkuat lapisan lendir di tubuh sehingga memberikan perlindungan dari infeksi bakteri dan virus berbahaya.

Hits: 21

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content