Select Page

Ironis, Masyarakat selaku konsumen masih banyak yang belum mengetahui adanya kandungan formalin dalam makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Di Indonesia, formalin sering digunakan oleh produsen makanan yang tidak bertanggungjawab sebagai pengawet makanan seperti mi basah, ikan asin, ikan segar, tahu, bakso, ayam, dll. 

Di bidang industri, formalin digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga, bahan pembuatan pupuk dan parfum, pengawet produk kosmetika, dan juga untuk mengawetkan mayat.

Kurangnya pengetahuan dan pengawsan masyarakat terhadap bahaya formalin, menjadikan Masyarakat abai sehingga formalin untuk industri sering disalah gunakan sebagai pengawet makanan. Padahal, jelas dilarang dalam UU RI No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dan disebutkan juga lebih detil bahan tambahan apa saja yang dilarang digunakan sebagai bahan tambahan makanan melalui Permenkes RI No. 033 tahun 2012.

Formalin merupakan larutan formaldehia 37% dalam larutan air. Makanan yang mengandung formalin umumnya awet dan tahan lama. Ayam yang mengandung formalin akan terlihat lebih kaku, mengkilat dan jika dicubit, kulit ayam terasa kaku dan tidak kembali ke semula.

Jika makanan yang dikonsumsi mengandung formalin, bahaya terhadap kesehatan yang ditimbulkan tidak selalu segera terlihat sebagaimana bahaya akibat cemaran bakteri, namun dalam jangka panjang dapat berakibat fatal, yakni dapat menimbulkan kanker

Dampak formalin pada kesehatan manusia, dapat bersifat :

Akut: efek pada kesehatan manusia langsung terlihat seperti iritasi, alergi, kemerahan, mata berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut dan pusing

Kronik: efek pada kesehatan manusia terlihat setelah terkena dalam jangka waktu yang lama dan berulang seperti iritasi, mata berair, gangguan pencernaan, hati, ginjal, pankreas, sistem saraf pusat, menstruasi dan pada hewan percobaan dan manusia diduga bersifat karsinogenik.

Konsumen berhak untuk mendapatkan keamanan dari makanan dan minuman yang akan dimakan. Oleh karena itu, pastikan produk hewan yang dikonsumsi aman dari kandungan Formalin. (MS)

Hits: 5

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content