Select Page

Wates – Dalam rangka pengembangan kapasitas laboratorium uji yang terakreditasi dan menindaklanjuti hasil pertemuan koordinasi peningkatan kapasitas Unit Pelayanan Teknis Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) yang diselenggarakan di Makassar pada bulan Juli 2022, Balai Besar Veteriner Wates menyelenggarakan Bimtek Pengujian Enterobacteriaceae pada Produk Asal Hewan yang dilaksanakan pada tanggal 15-17 Maret 2023 di Balai Besar Veteriner Wates, Yogyakarta. Pada kesempatan ini BPMSPH berpartisipasi sebagai narasumber yang diwakili oleh penguji Enterobacteriaceae yaitu Drh. Ika Kartika S, MSi dan Zeze Zakiah, S.Si.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Bbvet Wates Drh. Hendra Wibawa, M.Si, Ph.D dan Direktur Kesmavet Drh. Syamsul Ma’arif, M.Si. Pelatihan ini diisi dengan penyampaian materi “Metode Pengujian Enterobactericeae pada Produk Asal Hewan” dilanjutkan dengan Praktikum Pengujian Enterobactericeae sampai pembacaan dan perhitungan hasil uji. Sebanyak 30 peserta yang terdiri dari laboratorium Kesmavet UPT Pusat (BBvet, BVet, dan Loka) dan UPT Daerah mengikuti pelatihan dengan antusias dan semangat. Demikian pula setelah praktikum, para peserta saling berdiskusi dan sharing mengenai kegiatan pengujian di masing-masing laboratorium.

Diharapkan dengan adanya Bimtek ini semakin memperkuat kapasitas laboratorium pengujian produk pangan asal hewan terutama pengujian cemaran Enterobacteriaceae.

Hits: 9

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content