Select Page

Bogor. Dalam rangka persiapan penilaian SPIP Kementarian Pertanian, Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) melakukan penilaian mandiri maturitas (kematangan) SPIP terintegrasi. Penilaian mandiri dilakukan pada tanggal 17 Juli 2023, bertempat di ruang VIP Gedung Bimtek BPMSPH. Hadir dalam kegiatan tersebut Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian sebagai penjamin kualitas dan tim SPIP BPMSPH. (17/7/2023)

Dian Rachmawati, S.TP, M.Si pengendali teknis penjamin kualitas mengatakan bahwa,” Penilaian mandiri dan penjaminan kualitas dibagi dalam 3 tahap yaitu: 1) persiapan, 2) pelaksanaan dan pelaporan, 3) pemantauan”.

“Tahap persiapan adalah pembentukan tim asesor dan tim penjamin kualitas kemudian penentuan objek yaitu penentuan satker dan terakhir adalah penyusunan dan pemaparan rencana penilaian. Sedangkan tahap pelaksanaan dibagi menjadi tiga proses terdiri dari penetapan tujuan, struktur dan proses, serta pencapaian tujuan,” jelasnya.

Agar kegiatan lebih efektif dan efisien, BPMSPH membagi tim menjadi 2 yaitu tim SPIP melakukan penilaian mandiri pada parameter sub unsur SPIP (KK3.1) dan tim perencanaan melakukan penilian pada komponen penetapan tujuan dan pencapaian tujuan.

Herlina Dwi Astuti, SH, MH, ketua tim penjaminan kualitas mengatakan, “Komponen penetapan tujuan meliputi 2 unsur yaitu kualitas sasaran strategis dan strategi pencapaian sasaran stategis.

“Sedangkan pencapaian tujuan memiliki 4 indikator hasil yaitu efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi, keandalan laporan keuangan, pengamanan asset dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,”ujarnya. Setelah dilakukan penilaian mandiri oleh satker selanjutya APIP (Itjen Kementen) selaku penjamin kualitas akan melakukan analisis hasil wawancara, analisis dokumen dan analisis hasil observasi. Selanjutnya dicek kesesuaian antara hasil pengujian bukti dengan parameter, kemudian akan divalidasi dan penetapan hasil penilian mandiri. (MS)

Hits: 17

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content