Select Page

Bogor. Untuk meningkatkan mutu kualitas hasil pengujian, BPMSPH menyelenggarakan Assessment SNI ISO/IEC 17025:2017 tentang Sistem Manajemen Laboratorium. Assessment dilakukan dalam rangka surveilen I, penambahan ruang lingkup dan witness. Assessment digelar selama 2 hari mulai tanggal 13-14 Juli 2023 dengan asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yaitu Dra, Evita Boes, M.Sc (Purnabakti Pusat Penelitian Kimia LIPI) sebagai asesor kepala, dan sebagai asesornya adalah Winarti Kartika Putri dari Badan Standarisasi Nasional serta Prof.Dr.drh Michael Haryadi Wibowo, MP dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Dalam pembukaannya, plt kepala BPMSPH Bogor, drh Imron Suandy, MVPH menyampaikan bahwa.” BPMSPH menjadi laboratorium rujukan nasional terhadap pengujian resistensi antimikroba di bidang Kesehatan hewan sehingga perlu untuk menambahkan ruang lingkup AMR dalam akreditasi ISO 17025”.

“Sesuai dengan amanah Permentan No 12 tahun 2023 bahwa BPMSPH memiliki fungsi pembinaan terhadap laboratorium bidang kesmavet di daerah terutama untuk memberikan pendampingan akreditasi serta sebagai laboratorium uji profisiensi, maka perlu dilakukan assessment terhadap penambahan ruang lingkup pengujian. Sehingga metode pengujian ini nantinya dapat dijadikan standar untuk laboratorium daerah,” jelasnya.

Evita Boes, asesor kepala mengatakan, “BPMSPH telah lama menerapkan SNI ISO/IEC 17025, dan telah belasan kali melakukan assessment jadi saya yakin bahwa BPMSPH telah expert di bidangnya”. Sebagaimana diketahui sejak tahun 2006, BPMSPH telah menerapkan SNI ISO/IEC 17025:2005 dan telah diupgrade menjadi SNI ISO/IEC 17025:2017 sejak 2018.

Kegiatan assesment dilaksanakan selama 2 hari dan diisi dengan penilaian standar laboratorium dan administrasinya oleh asesor sesuai dengan prinsip SNI ISO/IEC 17025, witness atau pembuktian pelaksanaan pengujian terutama beberapa uji yang akan diajukan sebagai penambahan ruang lingkup.

“Dari hasil assessment terdapat beberapa temuan minor dan dengan begitu, BPMSPH berhak mempertahankan akreditasinya setelah temuan tersebut di selesaikan, “ jelas Evita Boes, asesor kepala dalam penutupan kegiatan.

Hits: 20

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content