Select Page
Plt Ka. BPMSPH

Bogor – Bukan sedekar sosialisasi, internalisasi nilai dasar (core values) BerAKHLAK adalah upaya berkelanjutan yang dilakukan untuk menumbuhkan bibit BerAKHLAK agar tumbuh subur menjadi budaya kerja aparatur sipil negara (ASN). Dihadiri oleh seluruh pegawai, Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMPSH) melakukan internalisasi core values BerAKHLAK di Ruang Rapat Gedung Bimtek BPMPSH. (28/03/2024)

Dalam konteks pelaksanaan reformasi birokrasi, upaya pembangunan budaya kerja BerAKHLAK menjadi aspek utama penguatan manajemen perubahan. Penguatan peran agen perubahan (agent of change) dalam aktivasi budaya kerja ASN menjadi sorotan penting. Komitmen yang kuat dari pimpinan dan setiap unsur organisasi dalam mendorong perubahan dari berbagai aspek pelaksanaan reformasi birokrasi dapat mentransformasi sistem kerja organisasi, pola pikir, dan culture set ASN menjadi lebih adaptif, inovatif, responsif, dan berintegritas selaras dengan perkembangan zaman dan kebutuhan stakeholder yang semakin meningkat.

Internalisasi Core values ASN BerAKHLAK pegawai BPMSH

Menurut Plt, Ka BPMSPH, drh Tri Juwianto, “Penerapan budaya kerja berlandaskan BerAKHLAK, yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, perlu terus diinternalisasi agar menempatkan BerAKHLAK sebagai nilai dan keyakinan di hati ASN”.

“Untuk melakukan transformasi budaya kerja, ASN harus dibekali dengan tiga bahan yakni pengetahuan (knowledge), pola pikir (mindset), dan perilaku (behavior). Kombinasi antara ketiganya yang nantinya akan menghasilkan dampak untuk meningkatkan indeks layanan publik ASN. Internalisasi, aktivasi, dan penguatan budaya BerAKHLAK yang tercantum sebgai nilai organisasi, diharapkan akan melahirkan outcome berupa perubahan perilaku ASN sesuai panduan perilaku BerAKHLAK dan peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik oleh ASN. Pada akhirnya, perbaikan citra publik terhadap ASN serta peningkatan minat publik menjadi ASN, yang bangga melayani bangsa juga bisa terwujud.

Hits: 12

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content