Select Page

Bogor – Laboratorium Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) memiliki fungsi pengawasan, pengamatan, pemantauan penyakit hewan yang bersifat zoonosis dan non zoonosis serta kualitas pangan asal hewan di seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara aktif maupun pasif melalui surveilans dan monitoring ke lokasi dalam bentuk pengamatan, pengumpulan data dan pengambilang sampel/spesimen yang diterima dari masyarakat maupun organisasi pemerintah/non pemerintah.

Setiap upaya peningkatan kapasitas SDM, Kementerian Pertanian selalu terdepan. Dalam sebuah kesempatan Menteri Pertanian (Mentan), Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH. mengatakan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. “Peningkatan SDM yang profesional bisa dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, bimbingan teknis, maupun sertifikasi profesi”. ujar Syahrul.

Didukung oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nusryamsi, M.Agr. yang menyatakan bahwa “Keberhasilan pembangunan pertanian tak lepas dari peran semua pihak. SDM Pertanian memberikan kontribusi yang cukup baik dalam mendukung program pembangunan pertanian. Dalam mewujudkan hal tersebut BBPSDMP menekankan kepada UPT Pelatihan untuk berperan aktif dalam mewujudkan perannya selaku penyelenggara pelatihan yang secara langsung terjun dalam meningkatkan kapasitas SDM Pertanian Peningkatan kapasitas SDM” tegas Dedi.

Dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas SDM di bidang Keswan dan Kesmavet, Balai Besar pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara selaku UPT Pelatihan menyadari bahwa untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas SDM tidak bisa sendiri, dibutuhkan peran dan kolaborasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Pada hari Senin, 10 Juli 2023 BBPKH Cinagara menerima kunjungan kerja dari Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Tim BPMSPH drh. Imron Suandy, MVPH serta drh. Dian Cahyaningsari, Menik Setyarini, SH, Metrizal, S.Pt. sedangkan hadir dari Tim BBPKH Cinagara Kepala Bagian Umum Tedy Cahyo SW, S.Pt., MP. beserta Unsur Pimpinan dan Fungsional Widyaiswara.

Pada pertemuan tersebut Tim BPMSPH menyampaikan maksud dan tujuan untuk menjalin kerjasama dalam peningkatan Kapasitas SDM melalui Pelatihan Dasar Teknis Laboratorium Kesmavet. Dalam pembahasan tersebut juga diungkapkan terkait kegiatan dalam Perjanjian Kerja Sama meliputi Penyusunan SKK, Penyusunan Kurikulum, Penyusunan Modul Standar Pelatihan Laboratorium Kesmavet.

Direncanakan pada awal Agustus 2023, kegiatan satu angkatan pelatihan sudah dapat berjalan dengan prioritas peserta Laboratorium Kesmavet yang terakreditasi, sehingga dalam waktu dekat akan dibahas SKK serta Kurikulumnya. BBPKH Cinagara menyambut baik dan mewujudkan harapan kerjasama peningkatan SDM di bidang Keswan dan Kesmavet baik melalui mekanisme PNBP maupun dalam hal lain, khususnya dalam hal sama-sama mensukseskan pembangunan nasional. Karena BBPKH Cinagara tidak pernah berhenti dan terus bergerak untuk membangun kerjasama dalam konteks dalam meningkatkan manfaat kepada masyarakat serta mendukung program nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. [Nara hubung HUMAS BBPKH, 10/07/2023].

Hits: 4

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content