Select Page

Bogor. Menjadi kunci akurasi data hasil analisis, BPMSPH selenggarakan In House Training (IHT) Subsampling. IHT diikuti oleh petugas sampling dan penguji, dengan narasumber peneliti bidang kimia analitik Andreas, M.Si dari Aljabar Training dan consulting. IHT diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggl 12-13 Juni 2023 di Ruang Bimtek BPMSPH.

In House Training Subsampling bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan dan pemahaman peserta dalam ketepatan pengambilan contoh  uji seperti menentukan prosedur subsampling sesuai jenis contohnya (padatan, semipadat dan cairan) dalam berbagai bentuk misal untuk padatan yang berbentuk bongkahan, butiran, serbuk, lembaran, gulungan dan sebagainya. 2) Memahami aspek-aspek statistika yang berhubungan dengan teknik subsampling seperti uji homogenitas, penentuan jumlah ulangan pengambilan dan massa minimal contoh uji yang harus diambil/ dicuplik. 3) Memahami penanganan contoh mulai saat contoh diterima di laboratorium hingga pengarsipan contoh sesuai prosedur yang mendukung akreditasi laboratorium.

Subsampling merupakan proses pengambilan contoh/sampel dari suatu populasi atau suatu lingkup contoh yang datang ke laboratorium sehingga cuplikan dari contoh tersebut dapat merepresentasikan populasi atau contoh yang datang.

Andreas mengatakan terdapat beberapa pertimbangan dalam kegiatan subsampling diantaranya adalah karakteristik bahan yang diambil samplenya, heterogenitas bahan yang diambil sampelnya, metode dan alat yang digunakan untuk pengumpulan sampel.

 

Subsampling sangat penting menentukan keakuratan analisis. ika pengambilan sampel tidak mewakili populasi dari mana mereka ambil, maka analisis statistic dari data yang dihasilkan dapat menyebabkan kesimpulan yang salah dan berdampak pada yang lain (missal kerugian ekonomi, peningkatan biaya). Semakin kecil diameter partikel, semakin banyak “nilai” yang dilepaskan untuk diukur dalam pengujian. Variabilitas yang terkait dengan subsampling bergantung pada beberapa karakteristik fisik dan kimia, termasuk; bentuk partikel, ukuran partikel, jumlah partikel, jumlah jenis partikel, massa partikel (atau densitas), komposisi kimia partikel, komposisi kimia analit, komposisi kimia dan fisik gangue (matriks) lainnya (kadar air, cairan, padatan amorf, atau bahan oklusi atau interstitial lainnya). (MS)

Hits: 6

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content