Select Page

Bogor – Dalam rangka menjalankan amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi (Perki) No 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik, BPMSPH berkomitmen menjadi badan publik yang mengimplementasi keterbukaan informasi publik. Guna mengukur hal tersebut, PPID Utama Kementerian Pertanian (Kementan) rutin melakukan monitoring dan evaluasi melalui pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementan.

Plt Kepala Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), Drh Imron Suandy, MVPH selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) didampingi Tim PPID Pelaksana, menerima Tim Juri Visitasi Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) dan Tim PPID Utama. Tim Juri terdiri dari M. Yasin SH,MH Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indoensia dan Tya Tirtasari M.Si Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat (KIP), Selasa (14/11/2023).

Tim Visitasi KIP, diterima di ruang pelayanan sambil berbincang singkat tim juri menonton video safety induction dan Profil BPMSPH dilanjutkan melihat sarana prasarana di ruang pelayanan serta laboratorium.

Plt Kepala BPMSPH, Imron Suandy selaku Pejabat PPID menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2023 terdapat 8 pemohon informasi publik dengan 25 informasi yang diminta. Permohonan informasi paling banyak terjadi pada bulan Mei 2023 sebesar 16 informasi dan 2 informasi ditolak.

“Berkaitan dengan KIP, kami terus melakukan pembinaan PPID melalui bimtek pengelolaan informasi public dan kehumasan serta penyusunan DIP.” Ujarnya.

M. Yasin, salah satu tim juri dari akademisi mengatakan, “Saya sangat setuju sekali, kita mendorong bahwa Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebagai salah satu sarana untuk mendorong trust. Bukan hanya mutu trust tapi dari segi teknis seperti adanya formulir komitmen pemohon informasi untuk tidak menyalahgunakan informasi yang diperoleh.

Tya Tirtasari menyampaikan, “Kami seperti menemukan sesuatu yang hilang di BPSMPH, dulu kami berharap sekali bukan hanya komitmen yang di harapkna namun, pimpinan juga masuk.

”Harapan saya, bapak tetap membersamai teman-teman tim PPID, karena melihat semangat bapak untuk membersamai tim PPID. Alhamdulillah, mudah-mudahan hasil tidak mempengaruhi proses, ikhtiar kita bersama untuk memaksimalkan informasi public,” ujarnya.

Hits: 2

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content