Select Page

Rabu, 25 Januari 2023, Kementerian Pertanian menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Tahun 2023 bertempat di Hotel Bidakara Jakarta Selatan.Kegiatan Rakernas ini dihadiri oleh seluruh Pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian baik UPT Pusat dan Daerah serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi fungsi pertanian dari seluruh wilayah Indonesia. Acara di mulai dengan Laporan Kegiatan oleh Menteri Pertanian serta Pembukaan dan arahan oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.
Di dalam arahannya, Wapres menyampaikan bahwa Rakernas adalah momen penting untuk menajamkan program kerja kementerian pertanian. Agar sektor pertanian semakin kuat serta dapat mengendalikan inflasi dan menghadapi krisi pangan dunia maka :
1. Mengidentifikasi, Mendorong pengembangan dan menerapkan target produksi dan lokasi komoditas pangan yg tepat dalam menghadapi krisi pangan dunia
2. Membuat terobosan-terobosan untuk lompatan peningkatan produktifitas dan penciptaan nilai tambah produk pertanian
Lahan pertanian yg semakin menyusutakibat alih fungsional lahan pertanian menjadi non pertanoanmenjadi ancaman nyata ketahanan pangan.

3. Menggiatkan program diversifikasi pangan lokal secara massif
Mengembangkan hulu hilir pangan lokal, mendukung riset untuk percepatan program diverisfikasi dan pengembangan pangan lokal. Masyarakat Indonesia masih tergantung pada beras sebagai bahan makanan pokok
4. Membangun sinergi dengan kementerian terkait, pemerintah daerah serta berbagi pihak untuk menyukseskan prioritas pembangunan nasional seperti korporasi pertanian dan modernisasi pertanian

Beliau juga memberikan apresiasi kepada Pejuang pangan yaitu para petani dan generasi muda agar terus semangat serta bekerja keras dan melek teknologi, selalu terbuka dengan informasi.
Apresiasi juga disampaikan oleh Wapres kepada Kementerian Pertanian atas kinerja dan hasil yang dibangun selama ini sehingga Indonesia dipandnag tangguh dan berhasil swasembada beras sejak 2019 sampai 2021.

Semoga Rakernas dapat mendorong dan bersinergi utk menghadapi inflasi dan krisis pangan dunia. Manfaat kan hal hal yang dimiliki untuk berbenah untuk menjadi lebih baik. Kita harus bersyukur Allah SWT, Tuhan YME memberikan lahan yang sangat luas untuk kita kelola.

#bpmsph #ditjenpkh #kementan

Hits: 17

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content