Select Page

Bogor– Bertempat di tempat kantor Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), Senin 21 November 2022, Kepala BPMSPH berserta Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana menerima Tim Juri dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dan juri eksternal untuk melakukan visitasi pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori Eselon III, lingkup Kementerian Pertanian (Kementan). (21/11/2022)

Hadir sebagai ketua tim Syawaludin, Komisiner KIP, M Yasin, SH.MH, pengajar dari Universitas Indonesia dan Tya Tirta Sari, Tenaga Ahli KIP. Turut hadir PPID Utama Kementan, Erwin Zulkarnain, Mufrida Efriayanti dan Siti Isrokah Ayu Dewi. BPMSPH telah lolos pada penilaian self assessment questionnaire (SAQ) monitoring dan Evaluasi, sehingga memasuki tahap selanjutnya adalah visitasi. Visitasi bertujuan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan amanat UU KIP di Unit Kerja.

Pemeringkatan Keterbukaan Informasi di Badan Publik memiliki tujuan untuk menilai pelaksanaan Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan Informasi Publik, menyediakan Informasi Publik, melayani permohonan Informasi Publik dan melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi sesuai dengan UU KIP.

Dengan adanya Penilaian Pemeringkatan Informasi Badan Publik di BPMSPH, diharapakan Badan Publik semakin terbuka dan transparan sesuai amanah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang ”Keterbukaan Informasi Publik”.

Dalam paparannya Kepala BPMSPH, Drh Nasirudin, M.Sc mengungkapkan bahwa dengan adanya Keterbukaan Informasi Publik ini, kepercayaan masyarakat kepada BPMSPH semakin meningkat. “jumlah peserta bimtek/pelatihan dan Kerjasama dibidang penelitan”, ujarnya.

Komisiner Informasi, Syawaludin mengatakan,”Inovasi dan kolaborasi sangat penting dilakukan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.” Terumtama informasi yang berkaitan dengan Kesehatan dari produk makanan”.

Dalam kesempatan yang sama, M Yasin menjelaskan bahwa,”Perlu dibangun terobosan-terobosan baru untuk menciptakan inovasi yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi yang seluas-luasnya”.

Tya Tirta Sari menambahkan bahwa BPMSPH merupakan balai pengujian yang keberadaannya sangat penting untuk memberikan informasi dan edukasi cara membedakan produk hewan dengan cara sederhana. Informasi dapat dikemas dalam video ringan dengan seperti tik tok dan medsos lain. (MS)

Hits: 10

Share and Enjoy !

Shares
Facebook Twitter Pinterest WhatsApp Print
1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
FacebookTwitterInstagramTikTokYoutubeEmail
Skip to content